Senin, 02 Mei 2016

goa pindul

Penyusuran Goa Pindul Jogja
Kisah objek wisata Goa Pindul Jogja ini dapat ditelusuri melalui 2 versi legenda rakyat yang secara turun-temurun diceritakan.
Kisah pertama menceritakan bahwa dahulu kala ada seorang pemuda yang bernama Joko Singlunglung yang sedang melakukan perjalanan untuk mencari ayahnya. Perjalanan yang ditempuhnya sungguh berat dan penuh rintangan, melewati hutan belantara, sungai-sungai berarus deras, hingga goa-goa yang gelap. Suatu ketika dalam perjalanannya menelusuri beberapa goa, kepala Joko Singlulung terbentur sebuah batu besar yang ada dalam sebuah goa. Goa inilah yang hingga kini dinamakan sebagai Goa Pindul. Pindul dalam Bahasa Jawa, berarti pipi gebendul atau pipi yang terbentur (Pi=pipi, Ndul=kebendul).
Sementara versi kedua, mengisahkan perjalanan Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan yang diutus oleh Panembahan Senopati di Mataram untuk membunuh buah cinta putri Panembahan Senopati, yaitu Mangir Wonoboyo dari Mangiran (Bantul). Namun, mereka berdua tidak tega membunuh bayi tersebut dan pergi ke arah timur menuju Gunungkidul, hingga tiba di daerah Karangmojo.
Sesampainya di Karangmojo, mereka menggelar tikar dan alas tempat persalinan bayi tersebut. Tetapi, si bayi menangis terus hingga akhirnya salah satu dari mereka memutuskan untuk memandikannya. Ki Juru Mertani naik ke atas bukit, lalu menginjak bukit tersebut dengan kesaktiannya yang menyebabkan terbentuknya lubang besar dan di dalamnya terdapat aliran air. Bayi tersebut lalu dibawa turun untuk dimandikan. Tanpa disadari, pipi sang bayi terbentur batu. Oleh sebab itu, tempat tersebut dinamakan sebagai Goa Pindul.
Baca juga: Inilah 13 Spot Wisata Gunungkidul Jogja Paling Populer
Alamat Goa Pindul: Desa Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.930667,110.649444

Pesona Goa Pindul Jogja

Wisata alam Goa Pindul Jogja menawarkan Anda kegiatan yang terkenal dengan sebutan “cave tubing” yang berdurasi selama 45 menit hingga 60 menit. Cave Tubing ini adalah kegiatan menyusuri gua sepanjang 350 meter dengan menggunakan ban pelampung, mamakai jaket dan sepatu yang telah disediakan pengelola, dan bertujuan untuk mengeksplorasi pesona goa yang memiliki aliran sungai bawah tanah tersebut.
Persiapan cave tubing di Pindul
Persiapan cave tubing di Pindul
Di sepanjang penyusuran goa, pemandu wisata lazimnya memberikan Anda informasi mengenai 3 zona yang ada dalam Goa Pindul, yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap abadi. Ini adalah sebuah pengalaman wisata goa yang sungguh unik.
Goa Pindul Jogja adalah juga bagian dari Panca Wisata yang dimiliki oleh Desa Bejiharjo di Kab. Gunungkidul.Pada tahun 2012, Desa Bejiharjo mendapatkan predikat Desa Wisata Terbaik Nasional dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Hal ini berdampak secara signifikan terhadap popularitas sejumlah landmark menarik di desa tersebut.
Zona terang di Goa Pindul Jogja
Zona terang di Goa Pindul Jogja
Selain Goa Pindul, Anda juga dapat menikmati sungai Banyumoto yang merupakan kelanjutan dari Goa Pindul serta Kali Oyo yang terletak di sebelah utara Goa Pindul.
Baca juga: Ini 6 Spot Menarik Wisata Kaliurang di Kaki Merapi Jogja
Kali Oyo di Goa Pindul
Kali Oyo di Goa Pindul
Jika Anda tertarik mengeksplorasi Goa Pindul, terdapat Paket Cave Tubing Pindul yang ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Tetapi, mungkin harga ini akan berbeda antara di hari biasa dan hari libur. Secara umum, paket cave tubing tersebut berkisar dari Rp 25 ribu hingga Rp 35 ribu per orang. Fasilitas yang Anda dapatkan mencakup, seperti pemandu wisata, ban karet, sepatu karet, jaket pelampung, dan head lamp.
Finish tubing Goa Pindul Jogja
Finish tubing Goa Pindul Jogja
Salah satu kegiatan wisata goa dengan keindahan stalaktit dan stalagmit yang menawan juga dapat Anda temui di Goa Gong Pacitan.

Hotel di Goa Pindul Jogja

Penginapan berbentuk hotel dekat Goa Pindul Jogja mungkin tidak akan Anda temukan, tetapi terdapat banyak guesthouse yang dapat Anda pilih jika ingin menginap. Beberapa di antaranya, misalnya Orlinds Loji Guesthouse dan Kampoeng Baron Guesthouse.
Baca juga: Inilah 5 Hotel Murah di Jogja Paling Disukai
Anda dapat menghubungi pihak pengelola di sana atau mencari penginapan secara online. Salah satu booking online yang populer di kalangan penikmat perjalanan adalah AGODA.

Rute Perjalanan ke Goa Pindul Jogja

Perjalanan menuju Goa Pindul Jogja terbilang sungguh mudah, terdapat banyak papan penunjuk jalan yang akan mengarahkan Anda untuk dapat sampai di Goa Pindul. Anda dapat memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi atau naik transportasi umum.
Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka dari arah Jogja ke Goa Pindul dapat ditempuh melalui rute berikut ini:
Jogjakarta – Piyungan – Patuk – Perempatan Sambipitu ke arah Hutan Bunder – Hutan Bunder/Rest Area Hutan Bunder (jalan menanjak dan berliku-liku) – LANUD TNI AU Gading (di kiri jalan) – Wonosari Kota – Sinyono – Bunderan Sinyono (Tugu Air Mancur BPD DIY) belok ke kiri ke arah Piyaman – Ringroad (pertigaan) Piyaman – Rumah Sakit PKU – Perempatan trafic light Budegan lurus ikuti jalan utama – Pertigaan Grogol (Gerbang Desa Bejiharjo) belok ke kiri – Ikuti jalan utama beraspal hingga menemui tulisan “Selamat Datang di Desa Wisata Bejiharjo”.
Sementara jika Anda menggunakan transportasi umum, perjalanan mungkin akan sediki lebih sulit mengingat angkutan umum menuju ke Goa Pindul sangat terbatas. Dari Jogjakarta, Anda dapat mengambil bus jurusan Jogja – Wonosari, lalu turun di Wonosari kota atau pertigaan Grogol. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau angkutan umum menuju Desa Bejiharjo, tarif sekitar Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu.


Deri
1422300031

Tidak ada komentar:

Posting Komentar