Rabu, 11 Mei 2016

pulau rote

Pulau Rote, siapa yang tidak kenal dengan pulau paling selatan Indonesia ini? selain menjadi perbatasan NKRI, pulau yang satu ini juga menyimpan beragam kecantikan alam yang patut Kamu saksikan. Bagiamana tidak, dengan pantai yang bersih, tenang, dan ombak yang menantang, sudah sangat pantas jika pulau ini dijadikan sebagai destinasi wisata kelas internasional.
Oh ya, tidak hanya itu, di pulau ini juga sering sekali diadakan beberapa even internasional. Tapi untuk event yang paling sering diadakan sendiri adalah even surfing atau berselancar. Pasalnya, seperti yang sudah Kita bahas di atas. Ombak di pulau ini sangat mendukung kegiatan selancar ombak.
Nah, bagaimana? Kamu ingin merasakan keasyikan berselancar pada ombak pulau ini? Atau Kamu ingin menikmati tempat wisata di Pulau Rote saja?

Tempat Wisata yang Menarik di Pulau Rote

Asal Kamu tahu saja, di pulau ini selain ombaknya yang memancing adrenalin, ada beberapa tempat wisata yang seru dan menarik untuk dikunjungi. Wah apa saja tempat wisata tersebut? dan dimana letaknya? Nah, berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang wajib Kamu kunjungi di pulau paling selatan Indonesia ini:

Tempat Wisata Alam di Pulau Rote

1. Pantai Nembrala
Pantai Nembrala
Pantai Nembrala | via travelerguidance.blogspot.com
Pantai yang satu ini adalah pantai yang wajib Kamu kunjungi. Karena selain indah, pantai ini juga memiliki gelombang ombak yang menantang. Selain itu, susana di pantai ini pun masih lengang. Kendati demikian, jangan berpikir bahwa fasilitas dan akomodasi disini tidak tertata dengan rapih dan lengkap yah.
Pasalnya, selain memiliki kecantikan yang luar biasa, pantai ini pun dikelola dengan baik oleh pemerintah dan pihak swasta. Sedangkan untuk penginapan dan akomodasi segala macam, Kamu bisa kok menyewa penginapan di sekitar pantai ini.
2. Pantai Bo’A
Pantai Bo'a
Pantai Bo’a | via Travel.detik.com
Selain Pantai Nembrala, tempat wisata pantai yang di Pulau Rote yang paling populer adalah Pantai Bo’A. Pasalnya, disamping indah dan cantik, pantai ini pun memiliki ombak yang tidak kalah menantangnya dengan Pantai Nirbralla atau pun pantai lain di Pulau Bali.
Tidak hanya itu, pantai ini pun terbentang luas dengan pasirnya yang cantik. Oh ya, selain itu, Kamu juga bisa loh menikmati berlibur bersama keluarga, pasangan, dan teman Kamu dengan tenang dan damai. Asal Kamu Tahu aja, selain pantainya yang cantik dan gulungan ombaknya yang menantang, pantai ini pun masih sepi dan belum ramai pengunjung. Dengan kata lain, Kamu pun bisa tenang dan damai dalam menikmati pantai ini.
3. Bukit Manda’o
Pemandangan dari atas bukit Mando'o
Pemandangan dari atas bukit Mando’o | via kaskus.co.id
Selain pantai, ternyata Pulau Rote juga menyempan keindahan lain. wah dimanakah itu? Tempat tersebut adalah Bukit Manda’o. Bukit yang terletak di pualu ini adalah bukit yang akan membawa Kamu menyaksikan keindahan Pulau Rote yang indah dan eksotis. Tapi, untuk mendapatkan keindahan tersebut, Kamu harus menaiki sedikitnya 300 anak tangga.
Wah banyak juga yah? Tapi tenang, perjuangan yang Kamu lakuin ini tidak akan sia-sia. Karena setelah Kamu mencapai puncak bukit, Kamu akan menyaksikan keindahan pulau yang indah, cantik, dan eksotis ini.
4. Pantai Oeseli
Pantai Oeseli
Pantai Oeseli | via nttprov.go.id
Tempat wisata cantik di Pulau Rote ini wajib Kamu datangi. Pasalnya, Selain cantik, pantai ini juga memiliki ombak yang ramah dan tidak terlalu besar. Jadi, sangat ramah untuk orang-orang yang tidak bisa bermain selancar atau pun orang yang kurang pandai berenang.
Disamping itu, pantai ini juga masih memiliki air yang sangat jernih dan pasir yang bersih. Oh ya, selain itu, jika Kamu berkunujung ke pantai ini, Kamu akan menyaksikan petani rumput laut yang sedang bekerja, wah asyik yah. Tunggu apalagi? Yuk berkunjung ke pantai ini, jika Kamu mengenadari mobil dari Nembrala, Kamu Cuma menempuh jarak 20 km saja kok untuk menuju Pantai Oeseli ini.
5. Pantai Laviti
pantai Laviti
pantai Laviti | Oleh Tinae Siringoringo via Kompasiana.com
Jika Kamu mencari pantai yang tenang dan sepi pengunjung, Kamu bisa mengunjungi Pantai Laviti yang terletak di Pulau Rote. Selain sepi dan tenang, pantai ini pun akan menyuguhkan pemandangan pantai yang indah. Tidak hanya itu, pantai ini juga air yang jernih dan pasir putih yang bersih. Wah pokoknya sangat cocok bagi Kamu yang ingin mengahabiskan masa liburan bersama teman dan keluarga.
6. Danau Laut Mati
Danau Laut Mati
Danau Laut Mati | via tourism.nttprov.go.id
Danau yang terletak di Desa Sitomori Kecamtan Rote Timur, Kabupaten Rode Ndao ini menyimpan kecantik yang tidak dimiliki oleh kebanyak tempat wisata lain di Pulau Rote. Pasalnya, jika Kamu berkunjung ke sini, Kamu akan menyaksikan danau dengan keindahan yang luar biasa cantik.
Bagaimana tidak, pasir dari danau ini terbuat dari kulir keong, air yang jernih, dan ikan yang mendiami danau ini menjadikan danau yang berjarak sekitar 65 km dari Kota Ba’a terlihat cantik, indah, dan eksosotis.
7. Tiang Bendera
Tiang Bendera
Tiang Bendera | via kaskus.co.id
Tiang bendera ini adalah tiang bendera yang dibangung sejak zaman kolonial Belanda menduduki Indonesia. Kendati demikian, tiang ini masih tetap berdiri kokoh dan kuat sampai sekarang loh. Selain itu, objek wisata yang terletak di Desa Baadale Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao ini bisa dibilang mirip dengan Tanah Lot di Bali.
Pasalnya, tempat wisata bersejarah di Pulau Rote ini dibanguna di atas batu karang. Sehingga saat air laut surut, Kamu bisa berjalan dan melihat benda bersejarah ini secara dekat.
8. Batu Termanu
Batu Termanu
Batu Termanu | via kaskus.co.id
Batu termanu terdiri dari dua bongkahan batu yang menjulang di pesisir pantai di Kecamatan Rote Tengah. Konon, menurut legenda masyarakat setempat, dulu kedua batu yang merupakan perwujudan pasangan ini sering berpindah-pindah mengelilingi Pulau Rote. Terlepas dari legendanya, sekarang Batu Termanu merupakan salah satu tempat wisata di Pulau Rote yang cukup menarik untuk anda datangi. Pemandangan yang unik memukau sudah jelas menjadi daya tarik utamanya.

Wisata Budaya dan Oleh-oleh Khas Pulau Rote

Berwisata ke Kabupaten Rote Ndao takan lengkap jika kamu tak membeli salah satu dari oleh-oleh yang merupakan warisan budaya Rote yang masih terpelihara sampai saat ini.
9. Gula Rote
Gula Rote
Gula Rote | via ayahaan.wordpress.com
Di NTT, gula ini secara umum dikenal dengan nama gula air. Gula Rote merupakan sebutan untuk gula air yang berasal dari pulau Rote. Teksturnya kental dan lengket. Menurut penelitian, gula air dapat mencegah penyakit maag. Gula ini aktif diproduksi secara tradisional di seluruh pelosok Rote, tentu kamu takan sulit menemukan oleh-oleh khas Rote dan NTT ini. harganya sekitar Rp. 40.000-60.000,- per jerigen 5 liter.
10. Tenun Ikat Rote
Tenun Ikat khas Pulau Rote
Seorang ibu sedang menenun kain ikat khas Pulau Rote | via blj.co.id
Seperti kebayakan daerah di NTT, Rote juga memiliki tenun ikat khasnya sendiri. Diproduksi dengan cara manual dan memiliki motif yang berbeda dibanding tenun ikat lainnya di Nusa Tenggara Timur. Harganya tergantung jenis, berkisar antara Rp. 40.000-500.000.
11. Topi Ti’i Langga
Topi Ti'i Langga
Topi Ti’i Langga | via sasandoshop.com
Bersama alat musik Sasando, Topi Ti’i Langga adalah warisan budaya yang paling khas dari Pulau Rote. Sekarang Topi tradisional yang sekilas mirip dengan topi sambrero dari Meksiko ini dapat secara mudah ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh baik yang ada di Kota kupang maupun di Kabupaten Rote Ndao.
Kantor Bupati Rote Ndao yang berbentuk topi Ti'i Langga
Kantor Bupati Rote Ndao yang berbentuk topi Ti’i Langga
Harganya pun cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 100.000-200.000. Tergantung dimana dan siapa yang menjualnya, jika membeli di Rote tentu kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah. Oh ya, untuk kamu ketahui, kantor bupati Rote Ndao arsitekturnya terinspirasi dari bentuk topi unik ini.
12. Alat Musik Sasando
Alat Musik Sasando
Alat Musik Sasando | via sasandoshop.com
Pernah diabadikan di mata uang pecahan Rp. 5.000,- bersama tenun ikat Rote dan Danau Kelimutu. Berikut penampakannya:
Sasando dan Kelimutu di Pecahan 5000rupiah
Sasando dan Kelimutu di Pecahan Rp. 5000
Mungkin dari sebagian besar pembaca sudah mengetahui Alat Musik tradisonal yang aslinya berasal dari Pulau Rote ini. Ya! Sasando merupakan alat musik yang digunakan oleh salah satu kontestan IMB (Indonesi Mencari Bakat) bernama Berto Pah untuk unjuk kebolehan di ajang mencari bakat tersebut.


 Deri
1422300031

Tidak ada komentar:

Posting Komentar