Senin, 02 Mei 2016

klaten

1. Tempat Wisata Sejarah Candi Prambanan Klaten

Siapa yang tidak kenal dengan candi Prambanan. Candi prambanan memiliki arsitektur tingkat tinggi, yang hingga kini tidak diketahui secara pasti teknik pembangunannya. Candi ini sudah terkenal di seluruh dunia. Wisatawan dari berabgai daerah dan negara datang kesini.
Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten, kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta, 50 kilometer barat daya Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.Lokasi wilayah komplek candi ini sangat unik karena Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten. 
Candi ini merupakan salah satu candi termegah se Asia Tenggara, dan sudah masuk dalam situs Warisan Dunia UNESCO. Tidak lengkap rasanya kalau ke Klaten tidak mengunjungi candi prambanan.
Tempat Wisata Sejarah Candi Prambanan Klaten

2. Tempat Wisata Air Umbul Ponggok Klaten

Wahana bermain di Klaten yang bisa dijadikan pilihan adalah Umbul Ponggok. Wahana bermain air ini berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.
Wisata Air Umbul Ponggok sangat unik dan menarik, bagi anda yang suka diving, maka Umbul ponggok merupakan tempat wisata di Klaten yang harus anda kunjungi. Disini anda bisa menyelam, bermain dengan ikan, bisa “nonton TV” di bawah air, ‘mengendarai motor’, Sholat dan lain sebagainya.
Bagi anda yang mau belajar menyelam disini tempat yang cocok untuk anda. Dengan luas sekitar 6.000 meter persegi dan kedalaman 1 – 3 meter serta bagian dasarnya pasir, membuat kolam ini seru untuk bermain air. Kegiatan snorkeling sambil melihat ikan berwarna-warni disini menjadi kegiatan favorit disini.
Untuk masuknya hanya membayar tiket sebesar 5.000 Rupiah (bisa berubah sewaktu-waktu).
Tempat Wisata Air Umbul Ponggok Klaten

3. Obyek Wisata Mata Air CokroTulung Klaten

Satu lagi obyek wisata air di Klaten yang tidak boleh dilewatkan, Obyek Mata Air Cokro (OMAC) atau disebut juga Umbul Cokro Tulung. Di tempat ini anda bisa bermain air sepuasnya, ada banyak wahana permaianan ala waterboom disini.
Lokasi wahana ini ada di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Untuk air sangat terjaga ke bersihannya, ada juga kolam kolam renang alami yang berasal dari mata air murni. Sangat sayang sekali untu dilewatkan jika anda liburan ke Klaten.
Obyek Wisata Mata Air Cokro Klaten

4. Tempat Wisata River Boarding di Kali Pusur Klaten

Anda pecinta river boarding? Di Kalten, tepatnyadi Kali Pusur tidak jauh dari wisata air Cokro Tulung, anda bisa menikmati wahana River Boarding. Jarak yang akan ditempuh kurang lebih 10 km dengan melintasi 3 desadi Kecamatan Tulung dan Polanharjo.
Di sungai ini, arusnya berbeda-beda, kadang arusnya deras, jeram dan pelan. Selama bermain disini, anda akan ditemani dengan 2 orang operator. Untuk biayanya, anda harus membayar 150.000 Rupiah per orang. Bagaimana? Anda tertarik mencoba sensasi bermain air disini?
Tempat Wisata River Boarding di Kali Pusur Klaten

5. Obyek Wisata Air Umbul Jolotundo Klaten

Wisata air di Klaten yang selanjutnya adalah Umbul Jolotundo, disini anda bisa bermain air ditemani ikan kecil-kecil. Lokasinya berada di Kecamatan Jatinom, tepatnya di 10 kilometer utara Kota Klaten. Obyek wisata ini kono dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada 1924 sehingga belum banyak mengalami perubahan.
Untuk bermain disini, kita cukup membayar Rp 3000. Bagaimana? Anda tertarik mandi-mandi ditemani ikan kecil?
Obyek Wisata Air Umbul Jolotundo Klaten

6. Obyek Wisata Air Lepen Kencana Klaten

Wahana bermain yang cocok untuk anak-anak dan keluarga adalah Lepen Kencono, Wisata air ini menjadi salah satu destinasi bermain untuk keluarga, airnya yang jernih membuat wahana ini banyak dikunjungi oleh keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama.
Obyek Wisata Air Lepen Kencana Klaten

7. Obyek Wisata Air Umbul Kapilaler Klaten

Obyek wisata air di Klaten selanjutnya adalah Umbul Kapilaler. Lokasinya di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo. Umbul Kapilaler ini tidak terlalu besar. Berada di bawah rerimbunan pohon beringin dengan batu-batu besar dipinggirnya. Tempatnya yang rindang membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini. Tidak dipunggut biaya khusus untuk menikmati umbul ini alias gratis. Hanya saja waktu sore dan pagi hari umbul ini digunakan masyarakat setempat untuk mandi.
Obyek Wisata Air Umbul Kapilaler Klaten

8. Wahana Liburan Galuh Tirto Nirmolo Klaten

Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo merupakan salah satu tempat wisata favorit di Klaten yang tidak boleh dilewatkan. Lokasinya di Jl. Manisrenggo, KM 1, Tlogo Prambanan, Klaten, Jawa Tengah 57454. Wahan kolam permianan disini ada kolam mandi Bola, Kolam renang seluncur, Kolam renang laba laba, Kolam anak-anak, Kolam Arus, Kolam Air mancur, kolam taman air, Kolam renang dewasa, kolam renang Songsong gora, kolam seluncur anak, kolam kuda laut.
Selain kolam-kolam tersebut, ada juga aneka permainan yang disuguhkan untuk memanjakan pengunjung seperti komedi putar, kereta wisata, kereta mini electrik, mobil lektrik, animal elektrik, Motor trex kecil dan besar, motor ATV, boom boom car, boom boom boat, pesawat putar, jinontro ginggong / bianglala, jungle train, sangkar putar, gokart, becak mini, bioskop 3 dimensi, Flying fox, arena jumping, perahu.
Bagaimana? Snagat banyak sekali bukan? Pantas saja Taman bermain Tirtonirmolo menjadi salah satu tempat wisata favorit keluarga di Klaten. Untuk daoat bermain disini, anda bisa datang setiap hari dari pukul  08.00 WIB sampai dengan pukul 17.30 WIB harga tiket masuk Rp. 10.000,- dan anda bebas untuk menikmati beberapa kolam yang ada tanpa harus mengeluarkan biaya lagi, terkecuali jika ingin menikmati permainan tiket dapat diperoleh dimasing masing bagian permainan dengan harga yang bervariasi tergantung jenis permainanan dan juga hari kunjungan, jika pada hari libur atau sabtu minggu akan sedikit lebih mahal dari hari biasa. Kisaran harga tiket permainan mulai dari Rp. 3.500,- hingga Rp. 25.000,- untuk hari biasa sedang hari sabtu – minggu dan hari libur bisa mencapai Rp. 30.000,-
Anda juga dapat menyewa untuk kelengkapan renang ditempat ini seperti pelampung berupa ban besar warna, pelampung karet dengan harga antara Rp. 3.000,- hingga Rp. 6.000,- . Dengan kelengkapan fasilitas tersebut Taman bermaian ini sangat cocok bagi anda dan keluarga untuk menghabiskan waktu libur atau sekedar refreshing bersama keluarga.
Anda tertarik untuk bermain di Taman bermain Tirtonirmolo? Ayo berlibur ke Klaten.
Wahana Liburan Galuh Tirto Nirmolo Klaten

9. Tempat Wisata Kuliner Warung Apung Rowo Jombor Klaten

Sudah capek jalan-jalan dan perut mulai lapar, disini tempat makan yang asyik. Warung apung rowo Jombor merupakan tempat wisata kuliner di Klatenay nag wajib dikunjungi. Disini menyajikan aneka makanan dengan bahan dasar ikan tawar.
Lokasinya ada di Desa Jombor Krakitan Bayat Klaten, atau berjarak sekitar 6 – 8 km dari kota Klaten. Untuk mencapai lokasinya, ada dua rute yang dapat dilalui yaitu lewat jalur barat dan juga lewat jalur timur.  Rute lewat jalur barat: Kota Klaten – pertigaan Bendogantungan Desa Sumberejo, belok kiri / ke arah selatan – Desa Danguran – Desa Glodogan – Desa Jimbung – Rowo Jombor. Rute Lewat jalur timur: Kota Klaten – Stasiun Klaten – By Pass – belok kanan / ke arah selatan – Terminal Klaten yang bari dibangun — Kelurahan Buntalan – Desa Jimbung – Rowo Jombor.
Menikmati santapan makan siang disini menjadi pengalaman sendiri yang tidak terlupakan.
Tempat Wisata Kuliner Warung Apung Rowo Jombor Klaten

10. Tempat Wisata Sejarah Candi Merak Klaten

Candi merak memang tidak sepopuler dan sekeren candi prambanan. Lokasinya ada di Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko. Candi ini berukuran kecil dan ditemukan pada tahun 1925. Karena dulu di sekitar tempat ini terdapat sarang burung Merak, jadinya candi ini dinamai Candi Merak.
Tempat Wisata Sejarah Candi Mera Klaten

11. Tempat Wisata Museum Gula Gondang Winangoen Klaten

Wisata ke museum gula menjadi daya tarik dan tersendiri di Klaten, anda bisa melihat aneka pralatan pabrik gula tempo dulu disini. Lokasinya ada di di Gondang, Klaten ini. Katanya museum ini adalah museum gula terbesar se-Asia Tenggara.
Terletak di dalam kompleks pabrik gula yang luasnya mencapai 100 hektar, kamu bisa menemukanreplika alat-alat pembuatan gula, diorama pabrik gula dan perkebunan tebu, foto-foto bersejarah, alat-alat komunikasi lama, serta lokomotif kereta tebu. Di sekitar museum juga terdapat perpustakaan gula, arena bermain, serta kafe.
Tempat Wisata Museum Gula Gondang Winangoen Klaten
Pict by: coretanpetualang.wordpress.com

12. Wisata Budaya Perajin tanduk kerbau Keprabon Klaten

Di Klaten ada desa pengrajin tanduk kerbau. Lokasinya di Desa Wisata Keprabon yang terletak di Kecamatan Polanharjo. Desa ini adalah sentra kerajinan tanduk kerbau dan penyu. Kamu gak cuma bisa melihat-lihat dan berbelanja cenderamata, tapi juga bisa mengamati langsung proses pembuatannya.
Wisata Budaya Perajin tanduk kerbau Keprabon Klaten
Pict by: jogja.tribunnews.com

13. Tempat Wisata Alam Puncak Clongop Klaten

Anda mau menikmati panomara dari ketinggian? Di Puncak Clongop bisa jadi alternatifnya. Puncak Clongop sejatinya masuk ke dalam wilayah Watugajah, Gedangsari, Gunung Kidul. Tapi, jika kamu dari Jogja atau Solo, akses kemari lebih mudah ditempuh dari Klaten melewati jalan penghubung Klaten–Gunung Kidul. Melewati Bayat, sepanjang jalan kamu akan menemukan beberapa tempat menarik, seperti, Curug Luweng Sampang dan Curug Indah.
Untuk mencapai Puncak Clongop, kamu mesti melalui jalan menanjak yang cukup curam. Hati-hati, pakai kendaraan yang sip kalau mau ke sini. Di Puncaknya, kamu akan menemukan panorama pegunungan dan kota Klaten di kejauhan.
Tempat Wisata Alam Puncak Clongop Klaten
Pict by: pusakawarriors.blogspot.com

14. Tempat Wisata Sejarah Candi Lumbung Klaten

Stu lagi candi yang menarik untuk dikunjungi di Klaten, yaitu Candi Lumbung. Candi ini berada di satu kompleks dengan Taman Wisata Candi Prambanan, yaitu di sebelah candi Bubrah. Candi ini telah masuk ke wilayah Jawa Tengah, yaitu di Kabupaten Klaten
Tempat Wisata SEjarah Candi Lumbung Klaten
Pict by: highlanderimages.blogspot.com

15. Tempat Wisata Sejarah Candi Sewu Klaten

Dari namanya kita bisa ketahui, bahwa candi ini memiliki jumlah seribu, tapi ternyata tidak demikian. Tepatnya, gugusan Candi Sewu terdiri atas 249 buah candi, terdiri atas 1 candi utama, 8 candi pengapit atau candi antara, dan 240 candi perwara.
Lokasinya ada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah. candi ini berdekatan dengan Candi Prambanan, yaitu kurang lebih 800 meter di sebelah selatan arca Rara Jongrang. Candi utama terletak di tengah, di ke empat sisinya dikelilingi oleh candi pengapit dan candi perwara dalam susunan yang simetris.
Tempat Wisata Sejarah Candi Sewu Klaten

16. Ziarah ke Makam Sunan Pandanaran Klaten

Tempat wiata di Klaten yang terakhir dari kami adalah Makan sunan Pandanaran Bayat atau dikenal juga dengan beberapa nama yakni Sunan Bayat, Pangeran Mangkubumi, Susuhunan Tembayat, Sunan Pandanaran (II), atau Wahyu Widayat, adalah tokoh yang disebut sebut dalam sejarah lisan sebagai salah satu penyebar agama Islam di tanah Jawa meski tidak masuk dalam jajaran Wali Songo.
Makamnya terletak di puncak gunung Jabalkat yang sebenarnya hanyalah sebuah bukit, di dalam wilayah Desa Paseban Bayat, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Dan layaknya makam seorang wali makam Sunan Pandanaran Bayat tak penah sepi dari para peziarah yang datang dari berbagai pelosok Nusantara.
Ziarah ke Makam Sunan Pandanaran Klaten
Bagaimana? Anda tertarik untuk liburan ke Klaten? Atau anda warga Klaten yang belum pernah mengjungi tempat-tempat wisata di atas? Wah rugi sekali rasanya. Itulah 16 Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi dari kami, semoga bermanfaat bagi anda. Janga lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang kainnya. Supaya bisa menjadi panduan wisata di Klaten untuk mereka yang ingin menikmati indahnya Klaten lebih dekat. Simak juga yuk


1422300031

Tidak ada komentar:

Posting Komentar