Senin, 02 Mei 2016

pulau seribu

Wisata pulau seribu adalah salah satu pilihan wisata bahari bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Dari ratusan pulau di kepulauan seribu baru belasan pulau saja yang selama ini menjadi tempat wisata bahari. Kegiatan yang dapat dilakukan antara lain , bersepeda, berenang di pantai, snorkeling, menyaksikan hangatnya matahari terbit (sunrise) juga matahari terbenam. Ada juga pesta BBQ yang dilakukan malam hari dengan menu ikan, cumi, atau ayam yang menggugah selera.
1. Wisata Pulau Tidung
Pulau Seribu | Wisata Pulau TidungPulau Tidung adalah salah satu gugusan pulau seribu yang menjadi salah satu favorit bagi para wisatawan dari Jakarta. Kawasan wisata Pulau Tidung memiliki banyak homestay dan tempat penginapan. Ada yang menghadap langsung ke laut, serta yang dilengkapi fasilitas-fasilitas tambahan lainnya.
2. Wisata Pulau. Pari
Pulau Seribu | Wisata Pulau PariPulau Pari sebelumnya termasuk pulau yang tak berpenghuni ini, tetapi sekarang telah berubah menjadi sebuah tempat wisata pantai di Kepulauan Seribu. Pulau Pari  menjadi pusat budidaya rumput laut yang menyokong ekonomi kehidupan masyarakatnya juga menjadi lokasi riset biota laut oleh LIPI.
Banyak aktivitas wisata dapat dilakukan di Pulau Pari, semisal: nikmati hangatnya sunrise tuk memulai kehidupan Anda, kemudian melaksanakan snorkeling memandang beapa indahnya alam dibawah laut. Lanjuti dengan bersantai menggunakan sepeda mengunjungi Pantai Pasir Perawan yang cuma berjarak tidak lebih dari 10 menit dari penginapan, olah raga pantai maupun dapat menikmati segarnya es kelapa muda di sebuah kafe sederhana sambil mengunggu sunset.
3. Wisata Pulau Pramuka
Pulau Seribu | WisataPulau PramukaPulau Pramuka adalah pusat administrasi Kepulauan Seribu. Tak heran kalau fasilitas Pulau Pramuka paling lengkap dibanding pulau yang lain, seperti rumah sakit. Selain itu, Pulau Pramuka juga menyiapkan wisata menarik untuk para pelancong. Anda bisa berenang atau sekadar duduk-duduk di dermaga pulau.
Anda juga bisa jalan-jalan santai ke sisi timur pulau, snorkling di beberapa pulau, kita juga bisa explor Pulau Semek Daun, Karang Tiga, dan Puau Air. Di sana, ada pantai kecil yang berpasir putih. Tidak hanya itu, di sini juga terdapat penangkaran penyu sisik.
Di pulau ini terdapat sarana pelestarian penyu sisik (Eretmochelys imbricata) yang saat ini jumlahnya sudah sedikit sehingga dilindungi. Selain itu terdapat pula penanaman bakau sebagai upaya perbaikan pertahanan pantai.
4. Wisata Pulau Harapan
Pulau Seribu | Wisata Pulau HarapanDi pulau Harapan ini pun terdapat hal yang sangat langka yakni penangkaran Elang Bondol yang sudah semakin langka untungnya Anda dapat menyaksikan keunikan hewan ini. Selain Pulau Harapan anda juga akan bisa mengunjungi pulau Bira, pulau Bulat (yang menurut penduduk setempat pulau bulat ini memang berbentuk bulat), pulau Magaran dan pulau Putri yang lokasinya tak terlampau jauh dari pulau Harapan.
5. Wisata Pulau Ayer
Pulau Seribu | Wisata Pulau AyerPulau Ayer merupakan salah satu dari Pulau Resort di Kepulauan Seribu. Dari Marina Ancol dermaga 16 hanya memakan waktu 30 menit perjalanan laut. Pulau Ayer merupakan resort yang terbaik, terindah dan tereksklusif di Kepulauan Seribu, Pulau ini memiliki cottage kayu terapung yang unik dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas hiburan dan rekreasi serta olahraga air.
6. Wisata Pulau Bidadari
Pulau Seribu | Wisata Pulau BidadariPulau Bidadari adalah salah satu resort wisata di pulau seribu. Dari Jakarta  berjarak sekitar 15km dan dapat ditempuh 30 menit dengan menggunakan speedboat dari Marina Ancol. Memiliki cottage darat dan terapung yang berada diantara pepohonan dan deburan ombak tepi pantai, view nelayan sekitar pulau bidadari memberikan nuansa nyaman, asri, dan menyatu dengan alam.
Berbagai fasilitas hiburan dan kegiatan pantai ditawarkan disini, mulai dari olahraga air, kegiatan outbound dan atraksi ikan lumba-lumba, dan masih banyak lagi. Di Pulau Bidadari juga terdapat Benteng Martello peninggalan Belanda dari abad ke 17, lokasi ini menjadi lokasi hunting photo favorit. Untuk melengkapi kunjungan Anda di pulau bidadari dapat juga mengunjungi pulau-pulau yang berdekatan, seperti Pulau Onrust, Kahyangan dan Pulau Kelor
7. Wisata Pulau Kotok
Pulau Seribu | Wisata Pulau KotokPulau kotok adalah tempat yang cocok untuk pasangan yang mencari suasana romantis dan sepi. Alam di pulau ini menawarkan suasana tradisional, dan lingkungan tropis yang alami. Welcome drink jus kelapa akan menyambut anda disaat menginjakan kaki di sana. Pohon-pohon bakau besar tumbuh dengan kokoh dengan akarnya yang menancap ke dalam di hamparan pasir putih, sebuah kekayaan bahari, kicauan burung, biawak yang jinak,semua menunggu disana.
Dari dermaga 15 Marina Ancol, perjalanan ke Pulau Kotok dapat ditempuh lebih kurang 90 menit dengan menggunakan  Speed boat.
8. Wisata Pulau Pantara
Pulau Seribu | Wisata Pulau PantaraPulau Pantara terbagi dalam 2 pulau yaitu Pantara Barat dengan 34 cottage dan Pantara Timur dengan 56 cottage. Pulau Pantara mengandalkan air lautnya yang bening dan pulau karang yang indah. Olahraga yang menarik dilakukan di Pulau Pantara adalah scuba diving. Pulau Pantara menyediakan berbagai macam facilitas yang dapat disewa dari snorkeling, diving, banana boat and banyak lagi. Sedang Pantara Island Resort menyediakan cottages, pool, bar, meeting room, discotheque and banyak fasilitas hiburan lainnya yang dapat dinikmati disini.
9. Wisata Pulau Pelangi
Pulau Pelangi yang disebut juga Petondan Barat adalah sebuah pulau kecil yang merupakan bagian dari Kepulauan Seribu. Perjalanan menuju Pulau Pelangi sejauh 70 km dapat ditempuh dengan menggunakan speed boat selama 1,5 jam dari Marina, Ancol, di Teluk Jakarta. Warna-warni pelangi mulai terasa ketika Anda menginjakkan kaki di pulau ini. Pulau Pelangi ditumbuhi dengan pepohonan yang rindang dan lebat. Pohon-pohon yang tumbuh di pulau ini, antara lain pohon palem dan pohon pinus. Bisa dibayangkan betapa sejuknya. Berbagai fasilitas wisata sebenarnya sudah tersedia di pulau ini. Fasilitas yang ditawarkan antara lain penginapan, diving, snorkeling, memancing, lapangan tenis, toko, klinik kesehatan, dan berbagai fasilitas lainnya yang menunjang kegiatan wisata Anda.
10. Wisata Pulau Putri
Resor yang memiliki “Undersea Aquarium” atau dunia bawah laut sangat jarang dan bahkan langka. Salah satu resor di Indonesia yang memiliki “Undersea Aquarium” adalah Resor Pulau Putri di Kepulauan Seribu. Bukan cuma itu, akuarium raksasa dan kolam yang menyatu dengan laut juga melengkapi resor ini. Pulau ini merupakan salah satu pulau di kepulauan seribu yang berjarak waktu tempuh kurang lebih 90 menit menggunakan speed boat dari marina ancol Jakarta. Fasilitas pulau ini dilengkapi dengan kolam renang, lapangan tenis, aktivitas air (water bee, kano, banana boat), dan anda juga bisa menyelam dengan menyewa peralatannya di dive shop yang tersedia, live music disaat weekend, dsb.
11. Wisata Pulau Sepa
Pulau Sepa mempunyai pantai dan ekosistem bawah laut yang indah. Pulau Sepa menjadi tempat favorit bagi para diver, karena diving dan snorkeling merupakan kegiatan utama di pulau ini, selain itu Pulau Sepa tempat yang mengasikkan untuk aktivitas memancing. Nuansa tropis Pulau Sepa yang sangat alami dan menyegarkan akan menyapa anda saat anda tiba di pulau ini. Pulau Sepa termasuk dalam salah satu pulau yang paling banyak digemari oleh para wisatawan lokal maupun asing. Perjalanan ± 90 menit by speed boat dari Marina Ancol Dermaga 19.
12. Wisata 3 Pulau : Pulau Onrust, Pulau Kahyangan atau Cipir dan Pulau Kelor
Pulau Onrust, Kahyangan dan kelor berdekatan dan memiliki jalan penghubung sehingga dapat dilakukan dengan sekali jalan.
Akses Transportasi
Jika tidak terkendala cuaca buruk, akses penyeberangannya menuju pulau-pulau di kepulauan seribu cukup mudah. Bisa menggunakan kapal dari Muara Angke dan Pantai Marina, Ancol. Waktu yang ditempuh jika menggunakan kapal ojek dari Muara Angke sekitar 2-3 jam, sedangkan dengan kapal cepat dari Ancol sekitar 1 jam. Biaya penyeberangan menggunakan kapal ojek cukup terjangkau yaitu kisara Rp 40.000-Rp 50.000 per penumpang, sedangkan dengan kapal cepat Rp 100.000-Rp 300.000 per orang.

Deri
1422300031

Tidak ada komentar:

Posting Komentar