Senin, 02 Mei 2016

pacet

WISATA AIR PANAS PACET MOJOKERTO

Pacet merupakan salah satu kecamatan di Kota Mojokerto Provinsi Jawa Timur yang terkenal akan wisata Pemandian Air Panas nya. Berjarak kurang lebih 80 (delapan puluh) kilometer dari Kota Surabaya, Wisata Pemandian Air Panas Pacet dapat ditempuh melalui perjalanan darat menggunakan Sepeda Motor atau Mobil dengan kisaran waktu 2 jam saja (kalau tidak macet). Dihari-hari biasa banyak warga sekitar dan pengunjung dari luar daerah yang memanfaatkan waktu longgar untuk berwisata kesana. Pada setiap akhir pekan dan hari libur nasional jumlah pengunjung Pemandian Air Panas Pacet biasanya meningkat dua kali lipat lebih.
Akan terasa menyenangkan apabila perjalanan ketempat wisata dilakukan pada pagi hari, sehingga kita bisa menikmati segarnya udara pegunungan yang sejuk dengan pemandangan alam yang indah dari hijaunya tanaman para petani dan pepohonan yang tumbuh rimbun di kanan kiri jalan menuju lokasi wisata Pemandian Air Panas tersebut. Harga tiket masuk per orang pada hari Senin-Jum’at Rp. 7.500 dan pada libur akhir pekan dan libur nasional harga tiket nya Rp. 12.500. Apabila ingin masuk ke area kolam pemandian dikenakan tarif masuk sebagai berikut : Hari Senin-Jum’at : Rp. 6.000 untuk dewasa dan Rp. 4.000 untuk anak-anak, dan hari Sabtu-Minggu atau hari Libur  : Rp. 10.000 untuk dewasa sedangkan untuk anak-anak Rp. 7.000. Dengan membayar tiket tersebut pengunjung dapat mandi sepuasnya.
Kolam pemandian terdiri dari air panas dan dingin. Untuk kolam air dingin kedalaman air dibagi tiga mulai yang dangkal untuk anak-anak, sedang dan dalam untuk yang dewasa. Untuk kolam air panas kedalaman air dibuat hampir sama namun tingkatan panasnya berbeda, mulai dari hangat, sedang dan cukup panas. Air panas tersebut adalah air alami yang mengandung belerang sehingga baik untuk kesehatan kulit. Bagi pengunjung yang ingin mandi namun tidak membawa celana pendek bisa menyewa ditempat penyewaan yang ada di sisi kiri kolam pemandian air dingin.
Bila pengunjung ingin menginap, banyak tersedia Hotel, Penginapan dan Villa yang disewakan disepanjang jalan menuju tempat wisata. Sedangkan didalam area komplek pemandian sendiri, telah tersedia satu penginapan yang dikelola oleh Perhutani dan disewakan dengan tarif tidak terlalu mahal. Tarif sewa kamar pada hari biasa lebih murah sedangkan pada libur akhir pekan dan hari libur nasional akan naik sampai dengan 50%. Meskipun begitu penginapan tersebut sering penuh apalagi kalau pas akhir pekan, karena jumlah kamar yang ada terbatas. Kami sarankan bila ingin menginap agar memesan kamar terlebih dahulu satu hari sebelumnya.
Fasilitas yang disediakan di penginapan tersebut antara lain kasur dua buah, Televisi, keperluan mandi serta satu kali makan pagi untuk dua orang dengan menu yang berfariasi dan bisa dipilih sendiri, mau nasi goreng, nasi pecel, soto ayam kampung, rawon, mie goreng spesial atau aneka penyetan (seperti penyetan tempe plus telor dadar, tempe plus ayam goreng dan lain-lain). Fasilitas lain yang tidak kalah menarik yang disediakan oleh pengelola yaitu kolam pemandian air hangat, yang letaknya di belakang penginapan. Kita bisa mandi maupun berendam menikmati air hangat di kolam tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.
Jangan lewatkan pula keramaian pada saat malam hari di kawasan Wisata Pacet, kita bisa duduk-duduk lesehan di warung-warung yang berjejer disana menikmati udara dingin sambil minum wedang jahe, menikmati makanan-makanan yang dijajakan seperti jagung bakar, gorengan,  bakso, soto, sate kelinci atau tape ketan hitam khas Mojokerto, sambil melihat hiruk-pikuk nya pengunjung yang keluar masuk kolam pemandian.
Untuk oleh-oleh pulang kita bisa membeli buah-buahan seperti Apel, Jeruk, Alpukat, Ketang, Tomat dan aneka hasil bumi Mojokerto seperti Ketela Ungu, Bengkoang, Singkong, Sawi, Petai, Bawang. Ada pula aneka Keripik seperti : Keripik Ketela Ungu, Keripik Gadung, Krupuk Upil, Stik Tahu dan lain-lain. Selain itu banyak juga gerai yang menjual baju/kaos yang bertuliskan Wisata Air Panas Pacet, yang dapat dibeli sebagai kenang-kenangan bagi pengunjung bahwa telah berwisata ke Pemandian Air Panas Pacet Mojokerto.
Bila “Kawan-Kawan” tertarik ingin liburan bersama keluarga/rekan kerja dengan biaya murah, Pemandian Air Panas Pacet Mojokerto Jawa Timur bisa dijadikan alternatif tujuan.
“Semoga Sukses”
Masuk Kawasan Wisata Pacet


Pintu Masuk Kolam Pemandian / Padusan
Kolam Air Dingin Pacet
Kolam Air Panas Pacet

Menu yang tersedia di Penginapan


 
Penyet Tempe Telor + Nasi, Nasi Goreng Jawa Plus 2 Teh Anget          Deri 1422300031

Tidak ada komentar:

Posting Komentar