Senin, 02 Mei 2016

kopeng

Taman Wisata Kopeng Salatiga Jawa Tengah Yang Menarik Yang Menarik merupakan salah satu objek wisata yang berada di lereng Gunung Telomoyo, Merbabu, dan Andong. Sehingga objek wisata ini mempunyai udara yang sangat sejuk karena berada di ketinggian 1.450 meter dari permukaan laut. Saat mencapai pintu gerbang kawasan ini anda sudah bisa merasakan suhu yang dingin, makin masuk ke dalam bertambah pula suhunya. Taman wisata ini terdapat di perbatasan antara Kota Semarang dan Salatiga tepatnya di Kecamatan Getasan, Kab.Semarangjika. Sehingga tidak adil rasanya jika kita mengatakan bahwa ojek wisata ini hanya kepunyaan warga Semarang. Taman Wisata Kopeng ini berjarak 54 kilometer dari Kota Semarang atau 14 Kilometer dari Kota Salatiga. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum yakni bus dari masing masing terminal. Untuk lebih mengenal objek wisata ini, admin akan memberikan detail penjelasannya.

Taman Wisata Kopeng Salatiga Jawa Tengah Yang Menarik
Akses Menuju Taman Wisata Kopeng Salatiga Jawa Tengah Yang Menarik

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi untuk mengakses objek wisata ini dan kebetulan anda sedang berwisata di Borobudur yang terletak di Magelang, maka jarak untuk mencapai Kopeng tinggal 57 kilometer lagi.  Tujuan anda adalah menuju arah timur utara menuju Magelang Kota. Setelah tiba di Magelang Kota, anda mengambil arah ke kanan dan melewati terminal induk bus Magelang. Dari situ jalan terus hingga utara pertigaan lampu merah kemudian ambil kanan. Anda akan melewati sungai Elo dan Jembatan.  Dari jembatan ini anda terus mengambil jalan lurus. Tidak butuh waktu lama mungkin sekitar 60 menit lagi anda sudah tiba di Kopeng. Saran untuk mengisi bahan bakar full di SPBU Tegalrejo yang berjarak 3 kilometer dari terminal induk bus Magelang ketika anda berjalan dari Magelang Kota. Hal ini untuk menghindari habisnya bahan bakar karena SPBU tidak akan ada lagi setidaknya untuk jarak 25 kilometer lagi. Kondisi jalan menuju Kopeng ini naik turun dan berliku liku. Jarak pandangnya pun sangat pendek karena tertutup oleh kabut. Sehingga anda harus berhati hati selama berkendara.

Taman Wisata Kopeng Salatiga Jawa Tengah Yang Menarik
Taman Wisata Kopeng Salatiga Jawa Tengah Yang Menarik

Taman wisata ini memiliki dua objek wisata terkenal yang dikelola oleh dua instansi yang berbeda. Satu instansi Pemda dan Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah. Untuk Taman Rekreasi sendiri dikelola oleh Pemda sementara Perum Perhutani mengelola Hutan Wisata/bumi perkemahan.  Taman rekreasi yang terkenal juga sebagai lokasi Hotel Pemandian Kopeng dengan nama Hotel Kartika Wisata. Objek wisata yang disediakan di tempat ini adalah kolam renang, taman santai bawah pohon, lapangan tenis, pasar sayur dan souvenir. Untuk anda yang menginginkan ruang rapat dengan konsep yang asri anda pun bisa memanfaatkan loby pertemuan dan ruang rapat di kawasan ini. Untuk yang membutuhkan penginapan, anda bisa memilih villa peristirahatan. Sedangkan Hutan Wisata/bumi perkemahan yang biasa dikenal sebagai Umbul Songo adalah objek wisata yang berupa cagar alam hutan lindung yang merupakan rekreasi alam di bawah pohon pinus, tempat kemah, mata air dan sungai, dan kolam renang Umbul Songo. Kawasan ini juga merupakan jalan menuju rute basecamp untuk yang mendaki ke gunung Merbabu.  Di sebelah timur kompek perumahan wisata pinus Kopeng ini, anda bisa mencoba menantang nyali dan keberanian anda dengan mencoba wahana Kopeng Treetop Adventure. Atraksi wisata ini telah dibangun semenjak 2 tahun sebelumnya. Treetop Adventure adalah objek wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani bekerja sama dengan PT.Treetop Adventure. Model wisata ini dirancang dengan tali temali sebagai penyambung satu permainan dari permainan berikutnya. Tali tali ini diikat di sebuah pohon pinus yang sangat kokoh karena telah berdiri sekitar 10 Tahun. Wisata lain yang bisa anda nikmati juga di kawasan Hutan lindung ini adalah Umbul Songo. Menjadi menarik karena memiliki sumber mata air sembilan yang ditemukan oleh para Wali pada zaman kerajaan Demak. Sumber mata air ini dulunya merupakan kebutuhan para Wali untuk air Wudhu. Mereka berdoa agar diberikan sumber mata air dan permohonannya itu dikabulkan oleh Allah SWT dengan diberikan sumber mata air yang mengalir dengan debit yang besar.
Wisata Kuliner

Taman Wisata Kopeng Salatiga Jawa Tengah Yang Menarik
Saat berwisata di Taman Wisata Kopeng Salatiga Jawa Tengah Yang Menarik yang notabenenya mempunyai udara yang sangat sejuk tentu akan membuat anda cepat lapar. Saat perut keroncongan anda tidak usah khawatir, karena objek wisata ini akan memanjakan anda dengan Kuliner khasnya yakni Sate Kelinci. Makanan ini memang selalu menjadi kuliner andalah di objek objek wisata pegunungan. Anda dapat menemukannya di banyak warung makan sepanjang jalan.


Deri
1422300031

Tidak ada komentar:

Posting Komentar