Rabu, 11 Mei 2016

wakatobi

Objek Wisata Wakatobi

Tahukah Anda bahwa  selain memiliki Bali sebagai objek wisata terkenal seantero negeri, Indonesia ternyata juga memiliki salah objek wisata  surga bawah laut paling indah di dunia? Wow, bangga kan jadi putra-putri bangsa Indonesia.
Sumber www.worldfortraveller.wordpress.com
Surga bawah laut ini dikenal dengan nama Wakatobi, terletak di bagian timur Indonesia tepatnya di Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Wakatobi sendiri merupakan ibukota daerah Wangi-Wangi, dan perlu juga anda ketahui bahwa nama Wakatobi sebenarnya merupakan singkatan dari pulau-pulau yang termasuk dalam wilayahnya, yaitu WAngiwangi, KAlidupa, TOmia, dan BInongko.
Walaupun sekarang bernama Wakatobi namun sebelum 18 Desember 2003 daerah  ini sebenarnya bernama SMP Besi Kepulauan yang merupakan bagian dari Kabupaten Buton. Secara astronomis, Wakatobi terletak di selatan garis khatulistiwa sehingga mempunyai karakteristik tropis seperti daerah lain di Indonesia yang memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau.
Tempat yang terkenal dan menjadi objek wisata utama di tempat ini adalahTaman Nasional Wakatobi yang  didirikan pada tahun 1996 dengan luas area 1,39 juta hektar. Dengan  area yang cukup luas ini Taman Nasional Wakatobi mempunyai banyak keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna yang menghuni karang-karang bawah laut , tak heran jika Taman Nasional ini merupakan salah satu konservasi laut terbesar di Indonesia.
Keindahan dan kekayaan biota laut Taman Nasional Wakatobi sudah terkenal di kalangan turis mancanegara, terutama setelah Ekspedisi Wallacea yang dilakukan Inggris pada tahun 1995, pada ekspedisi itu menyatakan bahwa daerah di Sulawesi Tenggara ini sangat kaya spesies karang serta biota lautnya, menurut penelitian di tempat ini terdapat  750 dari 850 spesies karang di dunia yang dihasilkan dari perpaduan antar kedalaman laut yang bervariasi dari datar, miring sampai daerah yang bertubir curam dengan bagian terdalam mencapai 1.044 meter.
Aktivitas wisata yang terkenal di Wakatobi adalah wisata bahari dan salah satu tempat andalannya Otorita Park. Kekayaan kehidupan laut bukan karena terumbu karang saja namun juga karena perairan yang luas dan topografi bawah laut yang berwarna-warni.
Untuk ekosistem terumbu karang sendiri tempat ini mempunyai Lebih dari 110 spesies karang termasuk karang, A. Hyacinthus, Psammocora profundasafla, Pavona cactus, Lobophyllia robusta, Platygyra versifora, Tubastraea frondes, Merulina ampliata, Stylophora pistillata, ,throchelliophorum Sarcophyton, Acropora formosa dan Sinularia spp yang mendiami tempat ini dan membuat suatu ekosistem laut yang indah.
Sumber www.jadiberita.com
Untuk Kekayaan spesies ikan taman nasional ini juga tak mau kalah dengan tempat wisata bahari lain dengan koleksi 93 jenis ikan seperti Chelmon rostratus,  Cephalopholus argus, Balistoides viridescens, Cheilinus undulatus, Lutjanus biguttatus , Siganus guttatus, Amphiprion melanopus, Naso unicornis, Chaetodon specullum, Heniochus acuminatus, Lutjanus monostigma, Caesio caerularea, dan sebagainya.
Dengan terpeliharanya ekosistem laut di Taman Nasional Wakatobi membuat tempat ini menjadi salah satu tempat persinggahan berbagai macam burung laut seperti Sula leucogaster plotus, Charadrius peronii dan Alcedo atthis. Mantap kan ekosistem disini? Eits jangan terburu-buru kagum dulu, disini masih banyak spesies binatang laut yang juga ikut meramaikan aktivitas bawah lautnya loh, beberapa diantaranya adalah spesies penyu seperti penyu sisik, penyu tempayan, dan pecah-pecah penyu.
Pada saat-saat tertentu perairan Wakatobi kerap didatangi tamu setia yang membuat perairan ini menjadi ramai dibuatnya, tamu itu adalah paus sperma. Jika anda ingin melihat paus sperma di Wakatobi datanglah pada bulan November, karena pada bulan tersebut saat belahan bumi lainnya beku paus sperma melakukan migrasi ketempat tropis yang relatif lebih hangat dengan sumber makanan yang berlimpah salah satunya di Wakatobi.

Secara khusus, Taman  Nasional ini dikelilingi oleh pulau-pulau dan terumbu karang sepanjang 600 km sehingga mempunyai potensi wisata pesisir yang sangat besar untuk dikelola. Inilah alas an mengapa pantai di Wakatobi  cocok untuk wisata bahari seperti diving, snorkeling, berenang dan memancing.





Deri
1422300031

Tidak ada komentar:

Posting Komentar